Fakta Tentang Malaysia yang wajib di ketahui

Fakta Tentang Malaysia yang wajib di ketahui


Malaysia merupakan salah satu negeri dengan perpaduan ras dan agama yang tidak sedikit. Ada orang Melayu, India, China, dan kelompok etnis lainnya hidup berdampingan di Malaysia. Ada pula orang yang beragama islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan China tradisi yang tinggal bersama dan hidup damai.


Tak kenal maka tak sayang. Untuk bisa menyayangi Malaysia, maka kita harus lebih kenal dekat dengan negara tetangga yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa fakta tentang Malaysia yang perlu kita ketahui.


1. Kesultanan Kedah adalah salah satu kesultanan tertua di dunia yang berdiri sekitar tahun 1136.



2. Malaysia mengikuti sistem legislatif bikameral, yang diadopsi dari demokrasi parlementer. Kepala negara adalah seorang raja atau Yang Di-Pertuan Agong, posisi yang diberganti setiap lima tahun. Kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.


3. Sebelum menggunakan nama Malaysia, sebutannya adalah Langkasuka, yaitu nama kerajaan kuno semenanjung Malaka.


4. Bendera Malaysia dipakai pada 16 September 1963. Bendera tersebut didesain oleh Mohamed Hamzah, yaitu seorang arsitek berumur 29 tahun di Departemen Pekerjaan Publik di Johor Baru yang mengikuti kompetisi desain bendera dengan dua model desain.



5. Istilah ringgit mempunyai arti “bergerigi” dalam bahasa Malaysia, dan berasal dari pinggirbergerigi mata uang perak dollar Spanyol yang beredar di daerah tersebut.


6. Menara Petronas di Kuala Lumpur adalah sepasang Menara kembar yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia dari tahun 1998-2004, sebelum dilampaui oleh Burj Khalifa dan Taipei 101. Petronas memiliki tinggi 451 meter.



7. Jika kamu bukan Bumiputra (bukan orang malaysia atau penduduk asli) maka kamu tidak akan mendapatkan diskon apapun dalam belanja.


8. Jika kamu ingin membeli mobil import, kamu harus membayar pajak import sebesar 300%


9. Lagu Nasional Malaysia yang berjudul Negaraku adalah saudran dari lagu Perancis berjudul La Rosalie. Adapun melodi dan nada lagu Negaraku diadaptasi dari lagu I Shall Return karya Anne Shelton.


10. Gelar “Tun” adalah gelar tertinggi di negeri jiran Malaysia. Gelar ini hanya boleh diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agung atau setaraf dengan Lord di United Kingdom.  Penerima gelar ini tidak lebih dari 25 orang saja. Hanya warga Malaysia yang dapat menerima gelar ini. Kebanyakan penerima gelar ini adalah orang-orang yang pernah memimpin negara dan banyak sekali berjasa kepada negara, misalnya Perdana Menteri.


11. Cambuk rotan adalah hukuman utama dari undang-undang Malaysia. Jumlah cambukan rotan paling banyak adalah 24 kali. Hukuman cambuk seperti ini resmi dilakukan, kecuali bagi wanita dan anak-anak.


12. Malaysia memiliki dua wilayah terpisah yang menjadi dua wilayah yang berbeda. Sebagian besar wilayah Malaysia terletak di Semenanjung Malaysia dan sebagian besar lagi menyatu dengan negara Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan. Serupa tapi tak sama, ya!


13. Film Laila Majnun pada tahun 1933 ialah film Melayu pertama yang ditayangkan di Malaysia. Film ini dihasilkan oleh B.S. Rajhans, seorang pengarah dari India. Ia diterbitkan oleh syarikat Motilal Chemical, yang berasal dari Mumbai tetapi beroperasi di Singapura.


14. Nasi Kandar adalah makanan khas Malaysia yang dibawa oleh imigran muslim India, Merupakan makanan favorit kebanyakan warga Malaysia, terutama di Penang.


15. Malaysia memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia. Gua bawah tanah tersebut bernama sarawak Chamber, Sarawak. Tepatnya di Gunung Mulu National Park. Gua ini dapat memuat 40 unit pesawat Boeing 747 sekaligus.