Fakta Menarik Tentang Nigeria

Fakta Menarik Tentang Nigeria


Republik Federal Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan. Kota-kota penting termasuk Abuja, bekas ibu kota Lagos, Abeokuta, Ibadan, Port Harcourt dan Jos. Berikut adalah fakta menarik mengenai Nigeria.


1. Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat dengan jumlah populasi penduduk terbesar nomor tujuh di dunia, sekitar 182.202.000. Ibukotanya berada di Abuja, kota terbesarnya Lagos.


2. Versi lain menyebutkan bahwa nama “Niger” diambil dari frase bahasa Tamashek, “ger n-gheren”, yang artinya “sungai diantara banyak sungai”


3. Bendera Nigeria didesain oleh Taiwo Akinkunmi pada tahun 1959. Taiwo adalah pelajar Nigeria yang tinggal di Norwich, Inggris. Saat dia melihat ada lomba di koran nasional untuk membuat desain bendera Nigeria.


4. Nigeria adalah 1/5 dari total penduduk kulit hitam di benua Afrika dan team sepak bola nasional Nigeria bernama Super Eagles.


5. Nigeria adalah negara paling banyak mempunyai bahasa ketiga di dunia, dengan 524 bahasa. Bahasa resminya adalah Bahasa Inggris.


6. Nollywood adalah nama industri film Nigeria. Nollywood merupakan industri film dengan jumlah terbanyak kedua di dunia di bawah Bollywood namun di atas Hollywood. Setiap minggunya Nollywood memproduksi 200 film dan sejak tahun 2005 Nollywood memenangkan separuh dari Award Afrika tahunan untuk gambar terbaik.


7. Igbo-Ora, sebuah kota kecil di negara bagian Oyo, Nigeria dijuluki dengan Ibu Kota Kembar Dunia Karena tingkat bayi kembarnya yang tinggi di kota tersebut. Ada 158 bayi kembar per 1000 kelahiran.


8. Orang terkaya nomor satu di Afrika berasal dari Nigeria yaitu Aliko Dangote. Dengan kekayaan Rp. 207,2 Triliun.


9. Indomie sangat terkenal di Nigeria.


10. Pakaian khas Nigeria sangat trendi dan revolusioner yang bercirikan penuh warna warni dan berkembang menurut mode. Pakaian tradisionalnya dinamakan dengan Buba, seperti blus panjang.