Fakta Menarik di Balik Kuasa Negara Amerika Serikat

Fakta Menarik di Balik Kuasa Negara Amerika Serikat


Amerika Serikat, siapa yang tidak mengenal Negara yang satu ini? Negara adikuasa, adidaya yang identik dengan segala hal yang serba besar dan serba kuat. Tapi tahukah Anda ada juga hal-hal unik dan menarik yang terselip di balik kemegahan negara ini?


1. Amerika Serikat adalah sebuah negara republik konstitusional federal terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara. Dua negara bagian lainnya, yaitu Alaska dan Hawaii, terletak terpisah dari daratan utamanya. Ibukotanya terletak di Washington, D.C. kota terbesarnya New York.


2. Amerika Serikat adalah salah satu negara multietnik dan multicultural di dunia. Dengan luas wilayah 9,6 juta km2 dan jumlah penduduk sebanyak 333 juta jiwa. Amerika Serikat merupakan negara terluas keempat di dunia dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduk.


3. Asal sebutan Paman Sam bermula dari seorang penyuplai daging bernama Samuel Wilson yang bertugas mengirimkan daging pada tentara Amerika di masa perang. Pria kelahiran 1766 itu menulis US di permukaan tong kayu penyimpanan daging yang berarti United States. Namun tentara mengira US itu singkatan dari Uncle Sam.


4. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar dan terkaya sumber alamnya. Alaska dibeli Amerika Serikat dari Rusia seharga 7,2 juta dollar Amerika.


5. Negara bagian Alaska mempunyai luas wilayah 429 kali lebih besar dari negara bagian Rhode Island, tetapi Rhode Island populasinya lebih besar.


6. Tanda HOLLYWOOD awalnya adalah tertulis HOLLYWOODLAND. Tanda HOLLYWOOD ini memiliki panjang 107,3 meter dan tinggi 13,7 meter dan dibangun pada tahun 1923. Maksud dari tanda ini sebenarnya adalah sebagai iklan realestate untuk sebuah distrik kelas atas yang hanya berdiri selama satu setengah tahun, tapi karena berkembangnya industri perfilman, kepemilikannya dilewatkan ke kota Los Angeles pada tahun 1940 dan empat huruf terakhir dihilangkan untuk mencerminkan tanda yang kita kenal sekarang.


7. Pusat teknologi dunia berada di Silicon Valley, daerah selatan San Francisco Bay Area, California. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Seperti Adobe System, Apple Computer, Cisco System, eBay, Google, Hawlett-Packard, Intel, Yahoo!


8. Utah merupakan negara bagian paling bahagia di Amerika Serikat.


9. Amerika satu-satunya negara yang mengibarkan bendera di mana-mana. Di Amerika bendera ini biasa ditemui di restoran cepat saji, di halaman rumah, di dalam rumah-rumah, bahkan bendera ini pun tercetak dalam segala jenis barang-barang seperti baju, bantal, sprei, mug dan benda-benda lainnya yang dapat dibawa ke mana-mana, hal ini seakan menjelaskan bahwa orang Amerika sangat cinta dengan bendera tersebut, sehingga saat benda-benda tersebut dibawa kemanapun orang Amerika berada, mereka akan tetap membawa identitas negaranya bahkan di ujung dunia sekalipun. 


10. Perusahaan Apple punya uang lebih banyak dari Departemen Keuangan Amerika.


11. Nama asli kota Atlanta adalah “Terminus”.


12. Uang 1 dollar Amerika terdapat beberapa gambar yang tersembunyi, misalnya seekor laba-laba di pojok kanan atas.


13. Meski beruang besar adalah binatang resmi California, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi di sana sejak tahun 1922.


14. Warna bendera resmi Amerika adalah “Old Glory Red,” “White,” and “Old Glory Blue.”

15. 27% orang Amerika tidak percaya tentang pendaratan manusia di bulan.