Fakta Timor Leste, Negara Muda di Asia Tenggara

Fakta Timor Leste, Negara Muda di Asia Tenggara


Timor Leste adalah negara muda di Asia Tenggara. Nama resmi negara ini adalah Republik Demokratik Timor Leste. Ada beberapa pulau-pulau kecil di dekatnya yaitu Atauro, Jaco dan Oecusse. Setelah Indonesia, tetangga terdekat Timor Leste adalah Australia, 650 kilometer di selatan.


Bertetangga dengan Indonesia, negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Nusa Tenggara Timur ini menarik juga untuk dijadikan sebagai destinasi liburan berikutnya. Sebelum memutuskan berlibur ke Timor Leste, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu fakta-fakta seputar Timor Leste berikut ini.


1. Istilah “Timor” berasal dari bahasa Melayu yang artinya arah timur.


2. Timor Leste mengalami dua kali kemerdekaan, pertama dari Portugal pada tahun 1975 dan kemudian dari Indonesia pada tahun 2002.


3. Daratan Timor Timur berbentuk buaya. Menurut legenda bangsa Austroneis kuno (penduduk asli Timor Timur), Timor Timur terbentuk setelah buaya tua berubah bentuk menjadi daratan sebagai hadiah kepada seorang anak laki-laki yang telah menolong buaya tersebut. Anak laki-laki tersebut diyakini adalah penduduk asli Timor Timur.


4. Gua paling besar di Timor Timur adalah Gua Lena Hara yang ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 1960-an. Penemuan mata kail dan manik-manik yang terbuat dari kerang menurut tes radio karbon telah berusia 30.000 tahun yang lalu. Wajah-wajah yang terukir di dinding gua telah berusia 10.000 tahun dan di sana terdapat lukisan yang telah berusia antara 2000 sampai 6000 tahun.


5. Penduduk Timor Leste menyebut negaranya dengan Timor Lorosa’e. lorosa’e artinya “matahari terbit”.


6. Semboyan Timor Leste adalah “Unidade, Accao, Progresso” (Persatuan, Kerja, Kemajuan)


7. Penduduk pribumi Timor Leste keturunan dari tiga ras migran, yaitu dari penduduk Vedo-Australoid yang berubungan dengan orang Sri Lanka dan yang pertama kali mendiami Timor Timur. Mereka tiba antara tahun 40.000 dan 20.000 SM. Bangsa Melanesia tiba di Timor Timur pada tahun 3000 SM dan kemudian disusul penduduk Melayu dan Hakka dari Cina selatan.


8. Nama resmi Timor Leste adalah Republik Demokratis Timor-Leste. Negara ini merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Merdeka pertama dari Portugal pada tahun 1975 dan merdeka yang kedua dari Indonesia.


9. Pada tahun 2002, setelah dirilis dari administrasi PBB, maka Timor Leste menjadi negara baru pertama pada abad ke-21.


10. Puncak tertinggi Timor Leste ada di Gunung Ramelau yang terkenal juga dengan nama Gunung Tatamailau dengan ketinggian 2986 mdpl.


11. Wilayah paling timur di Timor Leste terdiri dari Barisan Paitchau dan wilayah Danau Ira Lalaro, yang di dalamnya terdapat area konservasi pertama Timor Leste, yaitu Taman Nasional Konis Santana. Cagar alam ini terdiri dari area hutan kering tropis di Timor Leste. Taman ini juga berisi sejumlah tanaman unik dan spesies binatang.


12. Taman Nasional atau Cagar Alam Nino Konis Santana dibangun pada 3 Agustus 2007 seluas 1.236 kilometer persegi. Taman ini adalah tempat penting bagi habitat burung, seperti burung Lore, burung-burung Gunung Paitchau, burung-burung Danau Ira Lalaro, dan burung-burung Pulau Jaco.


13. Tidak hanya Brazil! Timor Leste juga memiliki patung Yesus yang bernama Cristo Rei of Dili. Diresmikan pada tahun 1966 oleh Presiden Soeharto. Dimana tahun tersebut Timor Leste masih menjadi bagian dari wilayah Indonesia dengan nama Timor Timur. Patung Yesus Cristo Rei adalah patung setinggi 88,6 kaki atau 27 meter. Patung ini didesain oleh Mochamad Syailillah, yang terkenal dengan nama Bolil.


14. Baucau adalah kota terbesar kedua yang menjadi destinasi bersejarah di Timor Leste. Di sini, wisatawan masih dapat menjumpai bangunan-bangunan bersejarah hingga arsitektur kota yang khas bangsa Portugis.


15. Mayoritas penduduk Timor Leste memeluk agama Katolik Roma. Agama lainnya adalah Protestan, Islam, Hindu, dan Buddha.


16. Pada tahun 1996, Piala Nobel diberikan kepada dua aktivis Timor Leste, yaitu Bishop Carlos Filipe Ximenes Belo dan José Ramos-Horta, karena telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan secara damai.


17. Bruce Springsteen menulis sebuah album berjudul “Born in East Timor” yang semuanya dalam bentuk Qanbus Lute, tetapi penjualannya anjlok dengan label tersebut. Kemudian dia melakukan rekaman album yang diberi judul “Nebraska” dalam bentuk alunan gitar dan harpa blues.


18. Timor Leste mempunyai uang koin Centavo. Pada tahun 2011, Timor Leste tidak mencetak sendiri uang koinnya. Uang koin Centavo Timor Timur dicetak di Portugal.


19. Orang yang mengirim surat ke Timor Leste harus menyertakan tulisan “via Darwin, Australia” pada akhir alamat surat. Kalau tidak maka surat tidak akan sampai ke tempat tujuan.


20. Pasar Tais (Pasar kerajian tangan) di Dili memajang berbagai macam kualitas tais dari semua wilayah Timor Leste.


21. Makanan atau Masakan nasional Timor Leste adalah Ikan Pepes/Pepes Ikan.


22. Timor Leste kuno mengekspor lilin tawon lebah, rempah-rempah, pewangi, dan sandal kayu.


23. Industri utama di Timor Leste adalah sabun dan kerajinan tangan. Hasil pertanian penting Timor Leste adalah kopi, beras, jagung, dan ketela pohon.


24. Syair atau puisi adalah bagian integral dari tradisi Timor Leste, dan bangsa ini menjadi tempat bagi para penyair, bahkan perdana menteri Xanan Gusmao adalah seorang penyair.


25. Timor Leste memiliki empat bahasa untuk berkomunikasi. Bahasa resmi atau nasional yang digunakan oleh umumnya masyarakat Timor Leste untuk berkomunikasi antar sesama adalah Bahasa Tetun. Bahasa Portugis adalah bahasa kedua yang digunakan oleh masyarakat Timor Leste, mengingat dahulu negara ini pernah dijajah oleh bangsa Portugis. Letaknya berdekatan dengan Indonesia, dan pernah menjadi bagian dari Ibu Pertiwi. Masyarakat Timor Leste paham pula mengenai bahasa Indonesia. Dan terakhir adalah bahasa Inggris, bahasa internasional yang umumnya dipelajari setiap orang.