Fakta Mengenai Singapura, Negara Kecil Nan Kaya di Asia Tenggara

Fakta Mengenai Singapura, Negara Kecil Nan Kaya di Asia Tenggara


Terletak di ujung Semenanjung Malaya antara Indonesia dan Malaysia, Singapura adalah satu negara kecil di Asia Tenggara.

Menyebar melintasi tanah seluas lebih dari 714 kilometer persegi, Singapura adalah negara yang kaya dan satu negara paling maju di Asia Tenggara. Berikut fakta menarik mengenai Singapura:


1. Singapura dulunya merupakan bagian dari kerajaan sriwijaya dan memiliki nama Temasek, yang berarti Kota Laut.


2. Ditinjau dari segi perkembangan ekonomi, Pendidikan, dan Teknologi. Singapura layak disebut sebagai negara nomor satu di Asia Tenggara. Singapura adalah satu dari 20 negara terkecil di dunia. Ibukota Singapura bernama sama yaitu Singapura.


3. Kecil-kecil cabe rawit. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.


4. Singapura menjadi anggota PBB ke-117 pada tanggal 21 September 1965.


5. Singapura dikenal dengan sebutan Negara 1001 larangan dikarenakan banyaknya peraturan. Salah satu contohnya peraturan mendirikan bangunan, tidak boleh melebihi 280 meter. Saat ini hanya terdapat tiga gedung yang mempunyai ketinggian 280 meter, yaitu Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One, dan Overseas Union Bank Centre.


6. Bahasa resmi Singapura adalah Bahasa Melayu, Inggris, Mandarin dan Tamil. Namun Singlish adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Bahasa Inggris yang diucapkan dengan akses Singapura.


7. Meski bahasa Inggris menjadi bahasa resmi dalam dunia kerja dan hampir digunakan secara luas di Singapura, tetapi lagu kebangsaan Singapura, “Majulah Singapura”, adalah menggunakan bahasa Melayu.


8. Bandara Changi Singapura selama delapan tahun berturut-turut dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia. Menurut Skytrax World Airport Awards.


9. Berdasarkan riset, warga Singapura merupakan pejalan kaki tercepat di dunia.


10. Simbol bendera nasional Singapura adalah merah yang menyimpulkan persaudaraan dan persamaan diantara manusia yang universal; putih menyimpulkan ketulusan dan nilai. Bulan sabit menunjukkan negara muda yang sedang tumbuh dan bintang lima menunjukkan tujuan demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, dan persamaan.


11. Bunga nasional Singapura adalah Vanda Miss Joaquim, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1893 oleh Agnes Joaquim, seorang Armenia. Bunga anggrek tersebut merupakan persilangan alami antara V. teres dengan V. hookeriana.


12. Merlion, seekor ikan berkepala singa adalah simbol kebanggan Singapura. “Singa” melambangkan hewan yang disembelih ratu Sumatra yang menyerupai singa, dan ikan adalah penghormatan terhadap sejarah Singapura sebagai “Temasek”, kota laut tua.


13. Singapura adalah sebagai tempat persinggahan ribuan burung yang migrasi yang terbang melintasi Asia Timur.


14. Kebun binatang malam hari pertama di dunia adalah The Night Safari yang berlokasi di Singapura.


15. Meski menjadi kota yang besar, Singapura adalah eksportir ikan hias terbesar (25% dari pasar dunia).