Fakta Menarik Negeri Kincir Angin Belanda

Fakta Menarik Negeri Kincir Angin Belanda


Belanda sering disebut Holland atau Netherland yang artinya negeri-negeri berdaratan rendah. Belanda adalah negara kerajaan yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau di Karibia. Berikut fakta menarik tentang Belanda.

1. Nama Netherland berarti Tanah rendah. Karena sepertiga wilayah belanda terletak di bawah permukaan air laut. Titik terendahnya adalah 6,7 meter di bawah permukaan air laut. Sementara itu, titik tertinggi berada sekitar 304,8 mdpl. Ibukotanya berada di Amsterdam. Sedangkan pusat pemerintahan dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag.


2. Ada lebih dari 1.000 kincir angin yang masih berdiri sejak tahun 1850. Kinderdijk merupakan wilayah di Belanda yang ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia karena memiliki 19 kincir angin tradisional.


3. Ada bagian dari Belanda yang tidak terletak di benua Eropa. Dengan adanya sejarah kolonialisme, ada tiga pulau di Karibia yang masih bagian dari Kerajaan Belanda, yaitu Bonaire, Sint Eustatius dan Saba. Kependudukan mereka adalah warga negara Belanda.


4. Belanda merupakan negara paling padat penduduk di Uni Eropa. Dengan penduduk sekitar 17 juta orang dan kepadatan penduduk sekitar 488 orang per meter persegi. Meskipun penduduknya tergolong padat, jumlah sepeda di Belanda lebih banyak dari jumlah penduduknya, yaitu sekitar 23 juta sepeda.


5. New York awalnya adalah jajahan Belanda yang diberi nama New Amsterdam. Banyak nama-nama tempat di New York yang masih menggunakan nama Belanda.


6. Orang Belanda mempunyai rata-rata tinggi tubuh paling tinggi di dunia, laki-lakinya mencapai 183 cm sedangkan tinggi perempuannya sampai 170 cm.


7. Belanda adalah negara Republik dengan monarki konstitusional. Monarki Belanda adalah sejak Pangeran William of Orange pada abad ke-16. Raja Willem Alexander berkuasa sejak April 2013, ketika ibunya, Ratu Beatrix turun tahta setelah selama 33 tahun menjadi ratu.





8. Belanda memiliki dua ibukota, yaitu Amsterdam (ibu kota resmi yang disahkan sejak abad ke-18) dan Hague (pusat pemerintahan dan ibu kota pertama sejak tahun 1584).

9. Nama Amsterdam berasal dari nama kampung nelayan pada abad ke-12, yaitu dari nama sungai Amstel dan dam yang digunakan untuk mencegah banjir.

10. Netherland dan Holland itu tidak sama. Holland adalah wilayah pantai barat Netherland. Yang terdiri dari Amsterdam, Rotterdam, Haarlem, Leiden, dan Hague.

11. Kota Eindhoven dikenal juga dengan “Kota Cahaya” karena perusahaan listrik raksasa, Philips, bermula dari sana dengan memproduksi bolam lampu. Perusahaan ini juga menemukan player audio (tahun 1967), player video (1972) compact disk (1982) dan CD-ROM (1985).



12. Sepatu kayu atau bakiak atau “Klompen” telah populer di Belanda selama 700 tahun sebagai sepatu atau sandal pabrikan yang dipakai oleh petani, nelayan, buruh pabrik, artis dan lainnya untuk melindungi kakinya agar tidak terluka dan agar tetap kering.

13. Orange adalah warna resmi dan kesukaan orang Belanda karena Rumah of Orange (House of Orange), yang menimbulkan perlawanan Belanda atas Spanyol dan kemudian menjadi keluarga kerajaan Belanda.

14. Sudah menjadi kebiasaan orang Belanda memasang bendera Belanda dan tas sekolah di luar rumahnya ketika anaknya sedang menjalani ujian sekolah.

15. Belanda adalah bangsa Eropa yang pertama kali menjelajahi Australia dan New Zealand pada abad ke-17. Australia kemudian diberi nama “New Holland”. New Zealand adalah berasal dari nama provinsi Zeeland. Tasmania berasal dari nama penjelajah Belanda, Abel Janszoon Tasman (1603-1659).